Rabu, 18 November 2015

BERITA 8

Mahasiswa UMRAH sedang melakukan donor darah di kampus UMRAH, Senggarang, Rabu (4/11) 



KSR UMRAH Gelar Donor Darah

TANJUNGPINANG- Korps Suka Rela (KSR) UMRAH menggelar kegiatan rutin setiap tahunnya yaitu donor darah bersama Palang Merah Indonesia Kota Tanjungpinang di Rektorat kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Rabu (04/11). Donor darah kali ini mendatangkan 77 pendonor dan 44 pendonor di antaranya berhasil lulus uji darah pertama.
Bagian dari Unit Transfusi Darah (UTD), dr. Sugianto yang didatangkan langsung untuk membantu proses pendonoran darah mengatakan kegiatan ini memang sangat diperlukan sekali karena stok darah di Tanjungpinang masih sangat kurang. “Kegiatan ini lah yang menghasilkan darah, karena darah itu sendiri tidak bisa dibeli. Jadi dibutuhkan penyumbang atau pendonor untuk membantu kekurangan darah di kota ini,” ujar Sugianto.
dr. Sugianto juga mengatakan darah yang diberikan pendonor tidak langsung digunakan begitu saja, melainkan harus diperiksa kembali untuk selanjutnya diberikan ke tiap-tiap rumah sakit di Tanjungpinang. Pendonor yang ingin melakukan donor darah juga harus memiliki berat minimal 50 kg, sehat, tekanan darah yang normal dan hemoglobin yang cukup.
Ketua KSR, Thaibatul Mutrika di sela-sela kegiatan mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini juga untuk menjalin silaturahami antarmahasiswa UMRAH.
“Kita juga membantu kerja PMI lah dalam memasok darah di Tanjungpinang, di mana stok di PMI sendiri cepat habis, jadi dengan adanya kegiatan ini, setidaknya kami sendiri bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” tuturnya.
Ia berharap kegiatan dapat berlangsung rutin setiap tahun, sehingga KSR dapat selalu berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan darah di Tanjungpinang. (mer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar