Selasa, 17 November 2015

BERITA 1

Tampak pedagang kelontong pasar Bestari Bintan Center sedang berjualan




Nilai Tukar Melemah, Harga Barang Impor Ikut Naik
Tanjungpinang- Melemahnya rupiah terhadap dolar AS menyebabkan harga barang kebutuhan impor seperti cabe kering, bawang india, bawang putih, dan beberapa barang kebutuhan lainnya naik. Kenaikan barang ini pun berimbas kepada pedagang yang menjual barang-barang impor.
Hal ini disampaikan langsung oleh pedagang kelontong di Pasar Bestari Bintan Center, Lasmaida Simamora, Rabu (30/09). Menurutnya beberapa barang impor seperti cabe kering, bawang india, dan bawang putih mengalami kenaikan.
“Cabe kering yang awalnya Rp36.000 jadi Rp 38.000 perkilonya. Bawang putih yang perkarung biasanya Rp155.000 naik jadi Rp165.000,” ujarnya. Hingga siang ini, nilai rupiah menguat hingga Rp14.687 perdolar AS.
Kenaikan harga dipicu karena barang-barang yang diimpor bertransaksi menggunakan dolar AS. Jika harga barang naik, maka otomatis harga barang yang dirupiahkan juga ikut naik.
“Karenakan barang-barang seperti cabe kering diimpor langsung dari Malaysia, jadi karena di sana pun harganya naik, kami pun belinya ya ikutan harga di sana, ujar Ida.
Pedagang yang ditemui di Toko kelontongnya ini juga mengatakan kebanyakan pembeli pun mulai mengurangi banyaknya pembelian barang.
“Sampai tak ada yang membeli sih tak ada. Cuma yang biasanya beli sekilo jadi beli setengah kilo, jadi kurang pemasukan akhir-akhir ini,” tutupnya. (mer)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar